Jumat, 16 November 2012

Memulai Belajar .Net Programming ( C# atau VB.Net)

Hai Sobat IT Sasak, sekarang kita akan memulai Belajar Pemrograman .Net dengan mudah dan cepat.
Untuk diketahui, pemrograman .Net membutuhkan .Net Framework. Framewok .Net sebenarnya mendukung banyak bahasa, tapi disini akan dijelaskan hanya C# dan VB.Net. Karena menurut saya, kedua bahasa ini yang lebih populer digunakan dalam pembuatan program dilingkungan kerja .Net.

Dalam artikel ini, kita akan menggunakan IDE untuk memulai pemrograman .Net, IDE yang kita gunakan adalah Visual Studio 2010 Express Edition. Jangan khawatir tentang licence, karena microsoft memberikan gratis untuk para developer yang ingin Belajar Pemrograman .Net. 

Silahkan download Visual C# 2010 Express Edition bagi yang ingin belajar C#, atau Visual Basic 2010 Express Edition. Ukuran dari file tersebut adalah sekitar 3,1 MB, loh? kok kecil banget? iya, karena nanti ketika file itu dijalankan, akan download lagi file file yang dibutuhkan untuk install IDE. Jadi dibutuhkan koneksi internet untuk menginstall IDE Visual Studio.

Tapi tenang, Microsoft juga mengeluarkan Visual Studio Express Edition dalam format iso, sehingga bagi yang tidak ada koneksi internet, bisa install Visual Studio. untuk Versi Offlinenya, silahkan download di sini

Update :
Ternyata .Net Programming juga bisa jalan di Linux dengan coding yang sama, silahkan coba project mono


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner